Selasa, 22 Oktober 2013

TUJUH KEBIASAAN MANUSIA TIDAK EFEKTIF


  • 1. 7 Kebiasaan Manusia yang Sangat TIDAK EfektifAnda mungkin sudah pernah membaca buku karangan Stephen R. Covey yang berjudul7 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif, yang juga merupakan salah satu buku bestseller international. Jika anda belum pernah membacanya, saya sangatmerekomendasikan buku tersebut kepada anda. Buku wajib yang perlu anda miliki jikaanda ingin mengembangkan kepribadian anda. Anda bisa mendapatkannya di toko-toko buku favorit anda.Pada kesempatan kali ini saya akan mensharingkan kepada anda kebiasaan-kebiasaanmanusia dari sudut pandang yang berlawanan, yaitu 7 Kebiasaan Manusia yang SangatTIDAK Efektif.Tujuh kebiasaan ini harus anda hindari. Mungkin anda sendiri tidak menyadarinyakarena sudah menjadi kebiasaan anda sehari-hari.Apa saja 7 kebiasaan tersebut, mari kita lihat bersama-sama :1. Tidak ’menampakkan diri’Salah satu hal paling sederhana namun memiliki efek yang sangat besar untuk andadalam meraih kesuksesan – entah itu dalam kehidupan sosial, karir, keuangan ataupunkesehatan – adalah tampakkan diri anda lebih sering.Apa maksud ’menampakkan diri’ disini? Saya akan memberikan sebuah ilustrasi : Jikaanda ingin memperbaiki kesehatan anda, maka salah satu hal terpenting dan terefektifadalah anda menampakkan diri di tempat kebugaran sesuai dengan jadwal latihan anda.Mungkin saat itu cuaca sedang tidak mendukung sehingga anda merasa enggan sekalikeluar dari rumah. Namun jika anda tetap memaksakan diri untuk pergi meskipun anda
  • 2. malas, maka anda sudah memperbaiki mental anda jauh lebih cepat dibanding andahanya duduk di sofa sambil menonton tv.Saya rasa ini berlaku di semua area dalam hidup anda. Jika anda menulis lebih sering,maka suatu saat anda akan menjadi penulis top dimana hasil tulisan anda akan selaluditunggu orang untuk dibaca. Jika anda sering bertemu atau berkumpul dengan teman-teman, maka kemungkinan anda bertemu dengan seseorang yang spesial bertambahbesar.Hanya dengan anda ’menampakkan diri’ lebih sering akan membuat sebuah perbedaanyang sangat besar untuk kesuksesan anda. Jika tidak, anda tidak akan pergi kemana-mana.2. Menunda pekerjaanAda 2 kondisi yang menyebabkan seseorang menunda pekerjaannya :- Pertama, dia memiliki pekerjaan yang sangat menumpuk. Dia bingung apa yang harusdia kerjakan terlebih dahulu. Akhirnya dia tidak mengerjakan apa-apa.- Kedua, dia hanya memiliki sedikit pekerjaan, sehingga dia berpikir untuk menundanyaterlebih dahulu.Terlepas dari apapun kondisi anda, dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa andalakukan agar anda dapat keluar dari kebiasaan menunda ini :- Lakukanlah tugas terberat dan terpenting terlebih dahulu di pagi hari. Awal yang baikdi pagi hari akan membuat momentum yang positif sehingga anda akan menjalani sisahari anda dengan lebih bersemangat.- Anda mungkin sering mendengar sebuah joke : bagaimana caranya makan seekorgajah? ….. Jangan memakannya dalam sekali gigit! Jika anda hanya berpikir tugas yangmenumpuk sedang menanti anda, kepala anda dapat menjadi penat, akhirnya akanmembawa anda pada penundaan. Pecahlah tugas anda menjadi langkah-langkah kecil,
  • 3. dan fokuslah pada langkah pertama. Setelah selesai, anda bisa melanjutkan ke langkahkecil berikutnya. (saya pernah mengulas juga di artikel Bagaimana Tetap TermotivasiUntuk Menyelesaikan Apa yang Telah Anda Mulai)- Jika anda berpikir untuk menunda pekerjaan karena anda hanya memiliki sedikitpekerjaan, sebaiknya anda mulai berpikir bagaimana jika tiba-tiba anda mendapatkantugas baru sementara tugas yang lama belum anda kerjakan. Gunakan selalu prinsip :’lakukan sekarang juga hal-hal yang bisa anda lakukan sekarang’.3. Anda melakukan sesuatu yang sebetulnya tidak pentingKebiasaan lainnya yang tidak produktif, selain menunda, adalah anda menyibukkan diridengan hal-hal yang tidak penting.Untuk menghindari hal ini, tuliskan 3 hal penting yang harus anda lakukan setiap hari,entah itu diatas kertas atau di notebook anda, dan mulailah mengerjakannya dariurutan teratas. Meskipun anda hanya sanggup menyelesaikan 1 pekerjaan saja, namunsetidaknya anda telah melakukan hal terpenting yang perlu anda lakukan di haritersebut.Apapun cara yang anda gunakan dalam mengatur pekerjaan anda, prioritas utamatetaplah menemukan hal-hal terpenting yang perlu anda lakukan setiap harinya. Teknikini juga merupakan bagian dari manajemen waktu yang efektif, sehingga anda tidakmenghabiskan hari-hari anda dengan melakukan hal-hal yang tidak penting.Menyelesaikan suatu pekerjaan dengan cepat tetap tidak akan berarti jika andamelakukan hal yang tidak penting.Saya akan coba memberikan contoh sederhana. Misalkan anda adalah seorang manajersebuah departemen produksi. Suatu ketika anak buah anda melakukan kesalahansehingga produk yang dihasilkan mengalami cacat. Mana yang akan anda pilih :1. Anda bersama anak buah anda memperbaiki produk yang cacat tersebut; atau
  • 4. 2. Anda mencari solusi agar kejadian tersebut tidak terulang kembali.Saya rasa anda sudah menangkap maksud saya mengenai hal yang penting dan tidakpenting.4. Berpikir terlalu lamaOrang yang berpikir terlalu lama, otomatis akan membuatnya kurang mengambiltindakan. Terjebak dalam analisa yang berlebihan dapat membuang waktu-waktuberharga dalam hidup anda. Tidak ada yang salah dengan berpikir sebelum melakukantindakan, bahkan sangat diperlukan hal semacam itu. Melakukan penelitian, membuatrencana, menggali potensi-potensi keuntungan serta masalah yang mungkin terjadi.Namun berpikir, berpikir dan terus berpikir adalah cara lain mensia-siakan hidup anda.Anda tidak perlu menganalisa semua hal dari setiap sudut. Anda tidak bisa menungguwaktu yang betul-betul tepat untuk menjalankan aksi anda. Percayalah waktu tersebuttidak akan datang. Anda juga tidak perlu merisaukan bagaimana jika kegagalanmenghampiri anda. Jika anda tetap berpikir dan terus berpikir semakin dalam, makaanda akan semakin sulit untuk mengambil tindakan.Berhentilah berpikir, lakukan sekarang juga apapun yang perlu anda lakukan, pergilahkemanapun anda perlu pergi.5. Melihat sisi negatif dari setiap halKetika anda melihat segala hal dari sudut yang negatif, maka sebetulnya anda telahmenjatuhkan motivasi anda sendiri. Anda menemukan kekurangan dimana-mana danmasalah-masalah yang mungkin tidak betul-betul ada, contohnya ketika anda mencarialasan untuk tidak melakukan sesuatu. Saya yakin dari sudut yang negatif andasetidaknya akan menemukan 10 alasan.Contoh yang lain, anda mencari seseorang yang mau mendengarkan keluh kesah anda –padahal sebetulnya tidak ada yang mau mendengarkan keluhan anda – tentangpekerjaan dan kehidupan anda yang menjenuhkan atau atasan anda yang menyebalkan.
  • 5. Ketahuilah bahwa anda akan menciptakan hidup anda sesuai dengan apa yang andapikirkan dan bagaimana anda memandang lingkungan anda. Jika anda memandangkehidupan anda begitu menjemukan, anda akan memiliki kehidupan yang benar-benarmenjemukkan.Yang perlu anda lakukan tidak lain adalah anda menantang pada diri anda sendiri untukselalu berpikir positif selama 7 hari kedepan. Lihatlah nanti hasil luar biasa yang akananda dapat.6. Keras kepala pada pendirian anda sendiri dan menolak pendapat orang lainMemang sulit untuk mengakui atau berjiwa besar bahwa pendapat anda bukanlahpilihan yang terbaik. Sehingga anda ngotot pada pendapat anda dan menutup pikirananda dari pengaruh orang lain. Kondisi ini dapat menyebabkan anda sulit untukberkembang menjadi pribadi yang lebih efektif.Saran untuk mengatasi permasalah ini adalah anda menyadari bahwa manusiamempunyai batas atas hal-hal yang ia ketahui. Anda harus terbuka untuk menerimapelajaran atas kesalahan anda sendiri, kesalahan orang lain atau sumber-sumber lainnyaseperti buku.Ketika otak anda selalu dikosongkan untuk menerima hal-hal baru, secara tidak sadarlevel anda telah naik ke level yang lebih tinggi, begitu seterusnya. Namun perlu diingat,jangan pula anda terjebak seperti dijelaskan di no.4. Pengetahuan baru yang andaterima, perlu anda terapkan dan coba dalam kehidupan anda, jangan hanya menjadipengetahuan semata saja.7. Membiarkan informasi membanjiri otak andaKebalikan dari poin 6 diatas, di poin 7 ini anda justru membiarkan seluruh informasimengalir ke otak anda tanpa penyaringan. Jika anda melakukan ini, maka akan sulit bagi
  • 6. anda untuk berpikir dengan jernih. Beberapa kondisi yang menyebabkan anda sepertiini adalah :- Banyak informasi yang anda terima adalah negatif. Media-media dan lingkungan disekeliling anda sering memberikan informasi-informasi negatif, seperti : penipuan,perampokan, pembunuhan, gosip dsb. Jika anda tidak selektif dalam memilih berita,anda dapat terpengaruh secara negatif juga, entah itu secara pikiran, perasaan maupuntindakan.- Ada suatu dorongan dalam diri anda untuk selalu mengetahui informasi terkini, namunseberapa cepat anda mengikuti perkembangan dengan berbagai alat yang anda miliki,akan selalu ada puluhan bahkan ratusan hal baru yang terjadi yang tidak bisa anda ikuti.Hali ini justru dapat membuat anda menjadi stress.Sulit untuk membuat keputusan dan mengambil tindakan jika otak anda terus dibanjiridengan informasi-informasi. Bahkan anda dapat terjebak melakukan kebiasaan sepertidisebutkan di poin 3. Anda sibuk dan sibuk terus melakukan pekerjaan namunsebetulnya pekerjaan yang tidak penting.Untuk dapat fokus, berpikir jernih dan mengambil tindakan, perlu sekali untuk andamenseleksi bahkan jika perlu membatasi akses informasi yang masuk ke otak anda,misalkan ketika anda sedang menyelesaikan suatu pekerjaan, anda melakukan hal-halseperti : mematikan telepon anda, internet dan pintu ruangan anda. Anda akan melihathasil yang menakjubkan ketika anda tidak diinterupsi setiap 10 menit oleh email atauwebsite-website favorit anda.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com