keunggulan kuliah jurusan PR/HUMAS
banyak sekali orang-orang yang tak mengetahui betapa penting nya Humas,masih banyak perusahaan/di pemerintahan Daerah yang tidak memiliki Divisi Humas.saya menegas kan bahwa Perusahaan/Lembaga yang tidak memiliki Divisi Humas itu adalah Perusahaan Jadul dan tak kan bisa berkembang,karena kalu kita lihat di Ngeri paman sam sana Humas sangat-sangat di berdayakan,dan Humas pun menempati 10 besar Gaji terbesar,tapi di indonesia sendiri?cumu bebebarapa persen saja orang menganggap Humas itu penting.
mungkin banyak orang/organisai/lembaga yang tidak mengetahui apa manfaat dari Humas.di bawah ini saya mengutip dari buku nya Frank Jeffkins seorang praktisi PR/Humas yang sangat terkenal di dunia PR.
dia menyebutkan :
- Manajemen krisis
Tidak ada satu pun perusahaan yang bebas krisis. Minimal mempunyai resiko mengalami krisis. Maka tim PR yang ada di dalam struktur perusahaan bertugas untuk menyelesaikan krisis yang terjadi dengan serangkaian persiapan dan kesiapan tersendiri.
- Penerbitan Desk-top
PR bertanggung jawab atas jurnal internal komputer perusahaan. Oleh karena itu, biasanya perusahaan memiliki bagian internal relations untuk mengurusi hal tersebut.
- Identitas perusahaan
Identitas perusahaan merupakan sebuah wahana komunikasi bagi segenap karyawan perusahaan, para pemilik saham, para agen atau dealer, konsumen, lembaga-lembaga keuangan dan berbagai pihak lainnya yang punya kepentingan dan kaitan dengan organisasi. Tim PR adalah bagian yang bertanggung jawab untuk menciptakan dan memelihara identitas sebuah perusahaan.
- Hubungan parlementer
PR wajib menjalin hubungan parlementer yang baik. Hubungan parlementer dalam konteks ini adalah hubungan-hubungan antara berbagai organisasi dengan pihak pemerintah, para anggota parlemen, serta para birokrat dari berbagai departemen dan instansi pemerintah. Legistator atau regulator adalah publik yang sangat penting dalam keberlangsungan usaha suatu perusahaan.
- PR financial
Sebagai sebuah perusahaan yang telah go public, maka perusahaan memerlukan tim PR yang melakukan kegiatan-kegiatan PR di seputar peristiwa keuangan atau bisnis dalam rangka mendukung rencana perusahaan kliennya untuk memasuki bursa saham atau dalam rangka mendukung peluncuran laporan keuangan tahunan.