Jumat, 30 November 2012

Profil Jurusan Ilmu Komunikasi (IAIN STS JAMBI)




A. VISI PROGRAM STUDI

Menjadi Pusat Unggulan Pendidikan, Penelitian dan penerapan Ilmu Komunikasi menuju UNHAS sebagai World Class University.

b. MISI PROGRAM STUDI

1. Menyelenggarakan pendidikan ilmu komunikasi dalam jenjang sarjana
2. Mengembangkan riset yang berorientasi pada penemuan, penerapan, pengembangan dan pengayaan khasanah Ilmu Komunikasi dan teknologi informasi .
3. Menyelenggarakan pelatihan profesional dan aktivitas komunikasi lainnya yang aplikatif untuk membantu masyarakat sebagai wujud dari University Social Responsibility (USR)

c. TUJUAN PROGRAM STUDI

Tujuan Umum:
Menyiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan intelektual (cognitive, afektif, psychomotoric) dalam menerapkan, mengembangkan, dan/atau memperkaya khasanah ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang Komunikasi serta menyebarluaskan dan mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.
Tujuan Khusus :
1. Menyiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, jujur, santun, memiliki kepekaan dan tanggung jawab terhadap lingkungan sekitarnya.
2. Menguasai pengetahuan dan memiliki keterampilan di bidang ilmu, seni, dan teknologi komunikasi .
3. Menguasai prinsip-prinsip dasar pemecahan masalah dalam bidang komunikasi yang dihadapi masyarakat dengan berbasis ilmu pengetahuan, seni dan teknologi secara kreatif dan inovatif

SASARAN PROGRAM STUDI

Menghasilkan sarjana ilmu komunikasi yang terampil, kreatif dan inovatif dalam memenuhi kebutuhan kerja dibidang jurnalistik, Public Relations, dan penyiaran

PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI

Profil lulusan jurusan/program studi komunikasi dikelompokkan berdasarkan 3 konsentrasi sebagai berikut:
1. Konsentrasi Jurnalistik:
  • Wartawan
  • Manager Media
  • Fotografer
  • Konsultan Media
  • Pendidik/Trainer
  • Penelitian
2. Konsentrasi Public Relations:
  • PR/Humas
  • Public Speaker/juru bicara
  • Bagian Pemasaran/promosi
  • Event Organiser
  • Publisher
  • Pendidik/Trainer
  • Peneliti
  • Konsultan PR
3. Konsentrasi Penyiaran:
  • Jurnalist Radio.TV
  • Penyiar Radio/TV
  • Radio/Video Editor
  • Script Writer
  • Programmer
  • Producer
  • Pendidik/Trainer
  • Peneliti

D. KOMPETENSI LULUSAN

I. Kompetensi lulusan Konsentrasi jurnalistik:
a. Kompetensi Utama
  1. Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang jurnalistik surat kabar, radio, dan TV dan internet, serta beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah jurnalistik surat kabar/radio/TV/Internet.
  2. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan spesialis dan mendalam di bidang-bidang jurnalistik surat kabar/radio/TV/Internet, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural jurnalistik surat kabar/radio/TV/Internet.
  3. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi dalam bidang jurnalistik surat kabar/radio/TV/internet.
  4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi dan individu dalam bidang jurnalistik surat kabar/radio/TV/Internet.
b. Kompetensi Pendukung
  1. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam merancang dan mengelola kegiatan jurnalistik surat kabar/radio/TV/Internet.
  2. Mampu memecahkan permasalahan jurnalistik dengan memanfaatkan ilmu dan teknologi informasi dan komunikasi.
  3. Menguasai konsep dan teori tentang jurnalistik serta mampu menerapkan konsep dan teori tersebut dalam mengelola lembaga dan kegiatan jurnalistik surat kabar/radio/TV/Internet.
  4. Mampu menawarkan alternatif penyelesaian masalah prosedural untuk efektivitas dan efisiensi pengelolaan lembaga dan kegiatan jurnalistik surat kabar/radio/TV/Internet.
  5. Menguasai metode dan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif dalam bidang jurnalistik surat kabar/radio/TV/Internet.
  6. Mampu menyusun telaahan (evaluasi) tentang kelebihan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam proses penyelenggaraan lembaga dan kegiatan jurnalistik.
  7. Mampu memanfaatkan informasi dan data dalam menentukan alternatif yang paling tepat dalam pemecahan masalah jurnalistik.
  8. Mampu mengelola lembaga dan kegiatan jurnalistik surat kabar/radio/TV dengan berpedoman pada nilai-nilai kejujuran, seimbang, adil dan demokratis baik secara individual maupun tim.
c. Kompetensi Lainnya
  1. Berpikir logis dan berstruktur berdasarkan kaidah ilmu pengetahuan dalam bidang jurnalistik surat kabar, radio, dan TV.
  2. Terampil dalam mengelola lembaga dan kegiatan-kegiatan jurnalistik surat kabar, radio, dan TV.
  3. Berpegang teguh pada prinsip-prinsip hukum, etika, moral dan ketuhanan, berakhlak mulia, dan memiliki etos kerja yang tinggi dalam menyelenggarakan layanan kepada masyarakat yang terkait dengan bidang jurnalistik surat kabar, radio, dan TV,
II. Kompetensi lulusan Konsentrasi Public Relations
a. Kompetensi Utama
  1. Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam pengelolaan lembaga dan kegiatan Public Relations, serta beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah lembaga dan kegiatan Public Relation.
  2. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan spesialis dan mendalam dalam pengelolaan lembaga dan kegiatan Public Relations serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural kelembagaan dan kegiatan Public Relations.
  3. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai solusi alternatif dalam pengelolaan lembaga dan kegiatan Public Relations .
  4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi dan individu dalam pengelolaan dan kegitaan Public Relations.
b. Kompetensi Pendukung
  1. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam merancang dan mengelola lembaga dan kegiatan Public relations baik pada instansi pemerintah maupun swasta.
  2. Mampu memecahkan permasalahan Public Relations dengan memanfaatkan ilmu dan teknologi informasi dan komunikasi.
  3. Menguasai konsep dan teori tentang Public Relations dan mampu menerapkan konsep dan terori tersbut dalam mengelola lembaga dan kegiatan Public Relations.
  4. Mampu menawarkan alternatif penyelesaian masalah prosedural untuk efektivitas dan efisiensi pengelolaan lembaga dan kegiatan Public Relations.
  5. Menguasai metode dan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif dalam bidang Public Relations
  6. Mampu menyusun telaahan (evaluasi) tentang kelebihan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam prosespengelolaan lembaga dan kegiatan Public Relations.
  7. Mampu memanfaatkan informasi dan data dalam menentukan alternatif yang paling tepat dalam pemecahan masalah kelembagaan dan kegiatan Public Relations.
  8. Mampu mengelola lembaga dan kegiatan Public Relations dengan berpedoman pada nilai-nilai kejujuran, seimbang, adil dan demokratis baik secara individual maupun tim.
c. Kompetensi Lainnya
  1. Berpikir logis dan berstruktur berdasarkan kaidah ilmu pengetahuan dalam bidang Public Relations.
  2. Terampil memanfaatkan teknologi dalam mengelola lembaga dan kegiatan-kegiatan Public Relations.
  3. Berpegang teguh pada prinsip-prinsip hukum, etika, moral dan ketuhanan, berakhlak mulia, dan memiliki etos kerja yang tinggi dalam menyelenggarakan layanan kepada masyarakat yang terkait dengan bidang Public Relations.
III. Kompetensi lulusan Konsentrasi Penyiaran
a. Kompetensi Utama
  1. Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam pengelolaan lembaga dan kegiatan penyiaran/reportase/ presentase acara/program radio dan TV, serta beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah lembaga dan kegiatan penyiaran/reportase/presentase.
  2. Menguasai konsep dan teori dalam bidang pengetahuan spesialis dan mendalam dalam pengelolaan lembaga dan kegiatan penyiaran/reportase/presentasi acara/program radio dan TV, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural kelembagaan dan kegiatan penyiaran/reportase/presentasi.
  3. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai solusi alternatif dalam pengelolaan lembaga dan kegiatan penyiaran/reportase/presentasi acara/program radio dan TV.
  4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi dan individu dalam pengelolaan dan kegitaan penyiaran/reportase/presentasi.
b. Kompetensi Pendukung
  1. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam merancang dan mengelola lembaga dan kegiatan Public relations baik pada instansi pemerintah maupun swasta.
  2. Mampu memecahkan permasalahan Public Relations dengan memanfaatkan ilmu dan teknologi informasi dan komunikasi
  3. Menguasai konsep dan teori tentang kelembagaan dan kegiatan Penyiaran/reprtase/presentasi dan mampu menerapkan konsep dan terori tersebut dalam mengelola lembaga dan kegiatan tersebut.
  4. Mampu menawarkan alternatif penyelesaian masalah prosedural untuk efektivitas dan efisiensi pengelolaan lembaga dan kegiatan penyiaran/reportase/presentasi.
  5. Menguasai metode dan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif dalam bidang penyiaran/reportase/presentase.
  6. Mampu menyusun telaah (evaluasi) tentang kelebihan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam proses pengelolaan lembaga dan kegiatan penyiaran/ reportase/presentasi.
  7. Mampu menyusun telaah (evaluasi) tentang kelebihan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam proses pengelolaan lembaga dan kegiatan penyiaran/ reportase/presentasi.
  8. Mampu mengelola lembaga dan kegiatan penyiaran/reportase/ presentase acara/program radio dan TV dengan berpedoman pada nilai-nilai kejujuran, seimbang, adil dan demokratis baik secara individual maupun tim.
c. Kompetensi Lainnya
  1. Berpikir logis dan berstruktur berdasarkan kaidah ilmu pengetahuan dalam bidang penyiaran/reportase/presentasi acara/program radio dan TV.
  2. Terampil dalam mengelola lembaga dan kegiatan-kegiatan penyiaran/reportase/presentasi acara/program radio dan TV.
  3. Berpegang teguh pada prinsip-prinsip hukum, etika, moral dan ketuhanan, berakhlak mulia, dan memiliki etos kerja yang tinggi dalam menyelenggarakan layanan kepada masyarakat yang terkait dengan bidang penyiaran/ reportase/presentasi acara/ program radio dan TV


    Nama                  : Arjamudin
    NIM                   : UR. 110973
    Fak/Jur               : Ushuluddin/Public Relation
    Perguruan Tinggi : IAIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com