Sabtu, 10 November 2012

Makalah Sistem Komuniksi Interpersonal


BAB I
PENDAHULUAN
A.LatarBelakang
       Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak akan pernah lepas dari komunikasi. Dari mulai kita bangun tidur sampai kemudian tertidur kembali, komunikasi selalu menjadi kegiatan utama kita entah itu komunikasi verbal atau non verbal, entah itu komunikasi antar pribadi atau komunikasi organisasi.
Hal seperti ini memang telah menjadi kodrat kita sebagai seorang manusia yang memang tidak dapat hidup sendiri. Kita selalu membutuhkan orang lain disekitar kita, walaupun hanya untuk sekedar melakukan obrolan basa-basi karena manusia adalah makhluk sosial dan dari dalam interaksi itulah manusia lambat laun menciptakan nilai-nilai bersama yang kemudian disebut sebagai kebudayaan. Tanpa komunikasi kehidupan manusia tidak akan punya arti atau bahkan manusia tidak akan dapat bertahan lama.

         Menyandang predikat sebagai mahkluk sosial, manusia selalu terlibat dan berinteraksi dengan orang lain baik secara kelompok maupun secara personal. Dalam keterlibatannya dalam interaksi antar pribadi, manusia melakukan pertukaran pesan melalui berbagai macam simbol yang disepakati bersama dimana penggunaan pancaindra yang dimiliki dapat secara maksimal dan saling memberikan umpan balik. Komunikasi yang memang terjadi di dalam lingkup kecil (hanya antara 2-3 orang) ini memiliki pengaruh yang besar dalam perkembangan psikologis dan mutu hubungan kita dengan orang lain.
Komunikasi antarpribadi (interpersonal) adalah komunikasi antara dua orang atau lebih secara langsung atau tatap muka, dan biasanya feedbacknya langsung diketahui serta efeknya pun cepat diketahui. Dimana pesertanya dapat menangkap reaksi orang yang bersangkutan secara langsung, baik verbal maupun nonverbal.
Pengertian komunikasi interpersonal dapat dibedakan menjadi dua, yaitu dalam arti sempit dan luas. Komunikasi interpersonal dalam arti luas adalah interaksi antara dua orang atau lebih tanpa mempersoalkan kenal atau tidak lawan bicaranya. Sedangkan komunikasi interpersonal dalam arti sempit adalah interaksi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang sudah saling mengenal dengan baik.

          Komunikasi interpersonal merupakan proses terjadinya interaksi antar individu dengan individu atau antar individu di dalam kelompok kecil, yaitu suatu tindakan yang berbalasan yang saling pengaruh mempengaruhi. Dalam hal ini telah terjadi interaksi antara komunikator dan komunikan, sedangkan obyek yang ditransaksikan berupa pesan atau informasi. Sehingga proses tersebut menjadi sebuah rangkaian atau sistem komunikasi interpersonal, yang sebagai sumberdaya penggerak adalah aturan dan harapan, persepsi serta konsep diri pada individu, baik komunikator maupun komunikan, sebagain wujud respon terhadap stimulus yang didapatkannya.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian di atas,terdapat hal menarik yang perlu kita kaji lebih mendalam, diantaranya adalah sebagai berikut:
a.Bagaimana komunikasi interpersonal sebagai sebuah sistem?
b.Bagaimana aturan dan harapan dalam proses komunikasi interpersonal?
c. Bagaimana persepsi dan konsep diri individu dalam proses komunikasi interpersonal?
BABII
PEMBAHASAN
A.Komunikasi Interpersonal sebagai Sistem
Sistem berasal dari bahasa Yunani, sistema, yang berarti suatu keseluruhan yang tersusun dari sekian banyak bagian. Pendapat yang lain, sistem sebagai seperangkat hal-hal yang saling mempengaruhi dalam suatu lingkungan dan membentuk suatu keseluruhan (sebuah pola yang lebih besar yang berbeda dari setiap bagian-bagiannya).

Geoffrey Gordon mendefinisikan sistem sebagai suatu agregasi atau kumpulan objek-objek yang terangkai dalam sebuah pola interaksi dan saling ketergantungan yang teratur. Togar M Simatupang menyebutkan lima unsur utama yang terdapat dalam sistem, yaitu:
1. Elemen-elemen atau bagian-bagian
2. Adanya interaksi atau hubungan antar lemen-elemen atau bagian-bagian
3. Adanya sesutau yang mengikat elemen-elemen atau bagian-bagian tersebut menjadi suatu kesatuan
4. Terdapat tujuan bersama sebagi hasil akhir
5. Berada dalam suatu lingkungan yang komplek
Di dalam sistem itu, terdapat komponen-komponen yang saling berpengaruh yang sangat menentukan efektivitas kerja sebuah sistem. Ada tiga komponen sistem, yaitu input, proses (pengolah), dan output. Input merupakan komponen penggerak, proses merupakan sistem operasi, dan output menggambarkan hasil-hail kerja sistem.

Suranto AW mengemukakan bahwa komunikasi interpersonal sebagai sistem, yaitu apabila dalam proses komunikasi itu terdapat juga komponen input, proses dan output. Beliau menggambarkan sistem komunikasi interpersonal sebagai berikut:
Komponen input adalah penggerak, antara lain yang menggerakan proses komunikasi interpersonal adalah harapan dan aturan dalam masyarakat.Tidak ada dua orang manusia, bagaimanapun akrabnya hubungan mereka, benar-benar hidup terlepas dari aturan-aturan dan harapan-harapan masyarakat. Sejalan dengan perkembangan hubungan mereka, mereka juga mengembangkan sejenis masyarakat miniatur suatu sistem sosial dua orang yang dilengkapi beberapa aturan dan harapan, beberapa ganjaran dan hukuman yang berlaku di antara mereka berdua. Elemen input yang juga menggerakkan proses komunikasi interpersonal ialah persepsi interpersonal dan konsep diri.

Komponen proses, yaitu komponen proses komunikasi interpersonal itu sendiri. Aturan dan harapan tersebut menggerakkan komunikator dan komunikan berinteraksi. Materi yang diinteraksikan adalah pesan atau informasi. Proses komunikasi interpersonal tersebut hendak mencapai tujuan tertentu yang mengejawantah dalam komponen output atau produk, berupa pengetahuan, sikap atau perilaku.
Jadi, konsep komunikasi interpersonal sebagai sebuah sistem, terjadi karena adanya interaksi interpersonal yang digerakkan oleh komponen input yang terdiri dari aturan dan harapan, persepsi dan konsep diri pada individu. Sedangkan output atau produk aktivitas dari komunikasi interpersonal yaitu memberikan informasi atau pengetahuan, mengubah sikap ataupun mengubah perilaku komunikan.

B. Aturan dan Harapan
    Setiap masyarakat memiliki peraturan yang berbeda-beda dalam lingkungan kemasyarakatannya. Masyarakat memberlakukan adanya aturan, baik nilai-nilai, norma, maupun etika. Tujuannya adalah untuk ketertiban berinteraksi bagi individu-individu masyarakat dengan benar. Dengan demikian pola perilaku dan cara berkomunikasi tiap individu akan diwarani oleh segala aturan yang terjelma kedalam kebiasaan atau kebudayaan yang berlaku dilingkungan tersebut.
 Aturan dan komunikasi tidak dapat dipisahkan. Artinya bahwa, cara berkomunikasi ditentukan oleh baik-buruk dan salah-benar. Baik-buruk ini dipengaruhi oleh lingkungan dimana individu itu tinggal.
Aturan yang ada di dalam masyarakat beraneka ragam, oleh karena itu beraneka ragam pula praktik-praktik komunikasi. Resikonya adalah, terjadi perbedaan parameter benar-salah dan baik-buruk dalam diri sendiri satu orang dengan lainnya.masalah komunikasi verbal, kadang-kadang terjadi dan menjadi serius ketika yang saling berkomunikasi adalah orang-orang yang memiliki perbedaan latar belakang sosial budaya. Misalnya orang Jawa dan Sunda. Ungkapan verbal yang di Jawa dianggap halus, di Sunda justru kasar. Ketika kita menggunakan bahasa daerah, sifat daerah yang mengandung derajat tata krama berkomunikasi itu,memaksa kita untuk mencermati dan mengindentifikasi siapa orang yang bekomunikasi dengan kita.

Selain itu, tiap individu mempunyai harapan,tujuan, keinginan, cita-cita. Harapan itu dipengaruhi oleh motivasi, pengalaman, dan kepribadian setiap individu. Aktivitas komunikasi interpersonal yang dilakukan setiap orang senantiasa terkait dan tergerakan oleh harapan. Sehingga dapat dikatakan aturan dan harapanmenjadi input yang menggerakan individu untuk melakukan komunikasi interpersonal. Jika dianalisis lebih jauh, adanya harapan perlu dipandu dengan aturan. Harapan saja tanpa aturan, cenderung mendorong manusia untuk serakah, melakukan berbagi hal untuk mengejar keuntungan sendiri dan mengabaikan hak orang lain.
Dari suatu proses belajar yang berkesinambungan tiap manusia menganut suatu nilai yang diperoleh dari lingkungannya. Dengan demikian cara seseorang berkomunikasi dengan orang lain, dapat dipengaruhi oleh lingkungan sosial (teman sebaya, masyarakat, sekolah, dan lain-lain) indvidu tersebut bertempat tinggal.

C. Persepsi dan Konsep Diri
    Menurut Bimo Walgito dalam bukunya Psikologi Sosial, beliau mengemukakan bahwa persepsi adalah proses pengorganisasian, penginterpretasian terhadap stimulus yang diterima oleh individu sehingga merupakan sesuatu yang berarti, dan merupakan aktivitas yang integrated (penyatuan) dalam diri individu. Karena merupakan aktivitas yang integrated, maka seluruh pribadi, seluruh apa yang dalam diri individu ikut aktif berperan dalam persepsi itu.
                Dalam ilmu komunikasi, persepsi adalah sebagai inti dalam komunikasi, sedangkan penafsiran (interpretasi) adalah sebagai inti persepsi, yang identik dengan penyandian balik (decoding). Persepsi mencakup penginderaan (sensasi) melalui alat-alat/panca indra yaitu merujuk pada pesan yang dikirimkan otak melalui panca indra; atensi: perhatian terhadap kejadian atau rangsangan; dan interpretasi: menafsirkan atau memberi makna atas informasi yang sampai kepada kita melalui panca indra.
 Persepsi memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan komunikasi. Artinya, kecermatan dalam mempersepsi stimulus inderawi mengantarkan kepada keberhasilan komunikasi. Sebaliknya, kegagalan dalam mempersepsi stimulus, menyebabkan mis-komunikasi. Oleh karena itu, tidak berlebihan apabila kita katakan, bahwa persepsi adalah inti komunikasi.
                Persepsi disebut inti komunikasi, karena jika persepsi kita tidak akurat, tidak mungkin kita berkomunikasi secara efektif. Persepsilah yang menentukan kita memilih suatu pesan dan mengabaikan pesan yang lain, memilih seorang teman dan mengabaikan teman lain.Persepsi menghasilkan makna. Kita sudah mengetahui, bahwa suatu pesan itu terdiri dari simbol-simbol atau isyarat-isyarat yang sebenarnya tidak mengandung makna. Makna baru timbul, jika kita mempersepsi dan menafsirkan simbol tersebut.
Konsep diri adalah persepsi individu tentang dirinya, kemampuan dan ketidakmampuannya, tabiat-tabiatnya, harga dirinya dan hubungannya dengan orang lain.Konsep diri juga merupakan gambaran mental diri sendiri yang terdiri dari pengetahuan tentang diri sendiri, pengharapan diri dan penilaian terhadap diri sendiri. Pengertian konsep diri menurut Jalaludin Rahmat yaitu konsep diri adalah pandangan dan perasaan kita tentang diri kita sendiri, persepsi ini boleh bersifat
psikologis, sosial dan psikis. Konsep diri bukan hanya gambaran deskriptif, tetapi juga penilaian kita. Pengertian konsep diri dalam istilah umum mengacu pada persepsi seseorang mengenai dirinya sendiri. Persepsi ini terbentuk melalui kesimpulan-kesimpulan yang diambil berdasarkan pengalaman-pengalaman dan persepsi-persepsi terutama dipengaruhi oleh reward dan punishment yang diberikan oleh seseorang yang berarti dalam kehidupannya.
Charles Horton Cooley sebagaimana yang dikutip oleh Siswanto AW, beliau mengemukakan teori looking glass self (melihat diri dengan bercermin), yaitu setiap orang dapat mengenali dirinya sendiri, dengan cara seolah-olah orang menaruh cermin di depannya, dan dengan demikian maka profil diri orang itu dapat dikenalinya. Sesungguhnya kita tidak berhadapan dengan cermin, melainkan berhadapan dengan orang lain yang kita tanyakan penilaiannya mengenai diri kita. Dari penilaian itulah kita mencoba memperoleh gambaran yang objektif tentang diri kita berdasarkan sudut pandangan orang lain.
 Konsep diri merupakan faktor yang mempengaruhi dan sangat menetukan dalam komunikasi interpersonal, karena setiap melakukan tindakan dilandasi oleh konsep diri.
BAB III
PENUTUP
Sistem komunikasi interpersonal merupakan gambaran proses terjadinya komunikasi interpersonal anatar indidvidu atau antar individu di dalam suatu kelompok masyarakat. Dimana sistem komunikasi interpersonal mempunyai komponen-komponen yang menjadi bagian dalam proses komunikasi interpersonal, yang terdiri dari input, proses dan output.
Komponen-komponen tersebut bekerja sesuai dengan adanya penggerak pada input, yaitu adanya aturan, baik nilai-nilai, norma, maupun etika yang menjadi kesepakatan oleh indidvidu-indvidu di dalam suatu masyarakat; adanya harapan, tujuan, keinginan, cita-cita dari setiap individu dalam berinteraksi di dalam masyarakat sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan hidupnya; adanya persepsi pada diri individu dalam merespon setiap stimulus yang diterimanya; terkait dengan kemampuan persepsi seseorang dipengaruhi oleh konsep diri yang pada dirinya berdasarkan dari pengalaman-pengalaman hidupnya.

Proses komunikasi interpersonal merupakan proses terjadinya interaksi interpersonal dalam mentransaksikan pesan atau informasi. Proses interaksi interpersonal dipengaruhi oleh aturan dan harapan, serta bagaimana persepsi dan konsep diri seseorang dalam merespon dan menerima setiap stimulus dari luar dirinya.

Sedangkan komponen output atau produk dari komunikasi interpersonalbertujuan untuk memberikan informasi atau pengetahuan, mengubah sikap ataupun mengubah perilaku komunikan.

BY : Arjamudin

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com